Klarifikasi dan Validasi Data Pembangunan Semester Dua Tahun 2020

Ditulis pada Kamis, 03 Des 2020 oleh: Tim Kominfo

Temanggung, MediaCenter - Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung melakukan koordinasi kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kabupaten Temanggung terkait data – data yang ada di masing – masing OPD. Sumber data dimasing-masing OPD ini nantinya saling disinkronisasi antara OPD, terutama Bank Data Pembangunan. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya agar data pembangunan selalu update tiap semester.

“Fungsi Bank Data ini sebagai evaluasi dari hasil kinerja pemerintah daerah per sektor, dari evaluasi itu menjadi perencanaan untuk tahun – tahun berikutnya,” kata Sunaryo selaku Kepala Bidang Statistik dan Persandian ketika ditemui Tim Media Center di ruangannya. 

“Setiap OPD melakukan kegiatan itu akan menghasikan data, dari hasil kegiatan itu akan menjadikan input bagi kita disemua sektor data, seperti dari keuangan, pertanian sampai data politik,” tambahnya.

Tugas dan kewenangan Bidang Statistik dan Persandian salah satunya adalah menyediakan data bagi pihak – pihak yang membutuhkan pengampu pengambil kebijakan, salah satunya data pembangunan guna untuk gambaran membangun daerah Kabupaten Temanggung kedepan.

“Masa pandemi ini sangat berpengaruh terhadap data pendapatan daerah, retribusi daerah dan pendapatan lain, tentunya ini menjadikan perhatian bersama, mudah – mudahan Tahun 2021 segera pulih dan kembali normal seperti sebelum pandemi,” harap Sunaryo.

“Terkait data ini, kita selalu pro aktif terhadap OPD yang mempunyai bank data aktif agar selalu kita update. Ketika sudah deadline waktu, ketika ada keterlambatan waktu kita melakukan kegiatan dengan sistem jemput bola agar semuanya berjalan sebagaimana mestinya,“ lanjutnya.

Harapan kedepan dengan bank data ini diharapkan semua pihak pengampu kebijakan diwilayah Kabupaten Temanggung bisa mengolah data itu, sehingga bisa mengambil kebijakan yang pas sesuai dengan data di bank data, keputusan yang diambil tidak meleset jauh dan memberi solusi yang pas sesuai dengan keadaan di lapangan. (MC.TMG/Tofa;Ekape)

Cetak: Kategori: STATISTIK , KOMINFO
Bagikan:

Pemkab Temanggung Ikuti Program Literasi Vaksin Covid-19

Temanggung, MediaCenter – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung melalui

Dinkominfo Temanggung Adakan Serah Terima Jabatan Ketua DWP

Temanggung, MediaCenter – Serah terima jabatan Ketua Dharma Wanita Pe

Bupati Berikan Arahan Kepada Dinkominfo Terkait SOTK Baru

Temanggung, MediaCenter - Koordinasi pertama setelah pergantian Kepala Dina


Masyarakat Cerdas, Informasi PAS (Presisi, Akuntabel, Seimbang)
Kominfo Kabupaten Temanggung
Jl. Jend. Sudirman No. 41-42 Temanggung Kodepos 56216 Telp. (0293) 4961389 email : kominfo@temanggungkab.go.id
Copyright © 2021