Pemerintah Apresiasi Upaya Cegah Dan Berantas Hoax

Ditulis pada Senin, 06 Feb 2017 oleh: Tim Kominfo

Dengan diselenggarakan Pelatihan  Lab Berita untuk Wartawan Indonesia diharapkan media dapat berperan sebagi kurator atau gate keeper untuk memverifikasi hoax, bukan malah jadi fasilitator hoax. “Pelatihan ini bertujuan bagaimana memanfaatkan tools yang ada pada Google”, disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam workshop News Lab Training for Indonesian Journalist di Gedung Dewan Pers Jakarta, Kamis (02/02/2017).

Pemerintah mengapresiasi setiap upaya semua pihak untuk mencegah dan memberantas hoax demi sejuknya ranah maya Indonesia. Berkaitan dengan hal tersebut, Dewan Pers bekerjasama dengan Google dan Forum Pemimpin Redaksi mengadakan workshop yang bertema “Bagaimana Mengidentifikasi Berita Palsu Verifikasi Konten di Ranah Internet?”.

“Langkah pemerintah dalam menangani konten yang berkembang yaitu bukan lagi fokus pada pemblokiran, namun mendorong litrasi, sosialiasi maupun edukasi. Hal tersebut dilakukan tanpa bermaksud intervensi kepada organisasi atau komunitas.” Ujar Rudiantara.

Dalam kesempatan yang sama, moderator Uni Lubis mengatakan bahwa di tengah gempuran hoax saat ini kita bersyukur kadang masih ada wisdom of crowd yang dapat menjadi penyejuk.

Kegiatan yang dihadiri para pemimpin redaksi dan awak media ini menghadirkan narasumber Menkominfo Rudiantara, Irene Jay Liu dari Google Hongkong serta Shinto Nugroho dari Google Indonesia.

Sumber : https://www.kominfo.go.id/content/detail/9110/pemerintah-apresiasi-upaya-cegah-dan-berantas-hoax/0/berita_satker

Komentar: 0 Cetak: Kategori: Berita Nasional
Bagikan:

Bimtek Sistem Layanan Aptika Terintegrasi Menuju Government Resources Management System

Temanggung, MediaCenter – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Teman

LOMBA ELECTRONIC MADING/ BLOG SEKOLAH

LOMBA ELECTRONIC MADING/ BLOG SEKOLAH Dinas Komunikasi dan Informatika Ka

Pemkab Temanggung Fasilitasi 25 Area Free Wifi Publik

Temanggung, Media Center – Terkait dengan upaya pemerintah Kabupaten


Tinggalkan Komentar


instagram

facebook

Menuju Masyarakat Informasi
Kominfo Kabupaten Temanggung
Jl. Jend. Sudirman No. 41-42 Temanggung Kodepos 56216 Telp. (0293) 4961389 email : kominfo@temanggungkab.go.id
Copyright © 2019