DINKOMINFO TEMANGGUNG KENALKAN INTERNET PADA SISWA-SISWI MI NURUL HUDA MENAYU

Ditulis pada Selasa, 03 Sep 2019 oleh: Tim Kominfo

Temanggung, Media Center - Pelayanan dan pengenalan internet sehat dan aman dilaksanakan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Temanggung di MI Nurul Huda Dusun Menayu, Desa Bulu Temanggung dengan didampingi oleh bapak/ibu guru. Kegiatan berjalan dengan lancar dan antusias, siswa-siswi saling melempar pertanyaan dan rasa penasaran itu terjawab ketika Eko Kus “Ekape” Prasetyo ST, M.Eng memaparkan penjelasannya.
Ekape memberikan penjelasan singkat tentang internet dan jaringan. Dijelaskan olehnya Internet adalah suatu jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektonik dengan media yang lainnya. Standar teknologi pendukung yang dipakai secara global adalah Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (TCP/IP). TCP/IP ini merupakan protokol pertukaran paket yang bisa digunakan untuk miliaran lebih pengguna yang ada di dunia. Sementara itu, “internetworking” bisa diartikan prosesnya dalam menghubungkan rangkaian internet beserta penerapan aturannya yang telah disebutkan sebelumnya.
Siapa yang tak pernah mendengar istilah internet sekarang ini, Hampir semua orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bahkan lansia sekalipun sudah tak asing lagi dengan istilah tersebut. Tak jarang pula, teknologi canggih yang satu ini memisahkan orang-orang didekatnya dan mendekatkan orang yang jauh. 
Lantas apa yang perlu diperhatikan ketika anak tingkat dasar berinternet? Orang tua harus memberikan penjelasan mengenai aktivitas yang terjadi di internet, situs yang bermanfaat dan tidak boleh diakses, serta ancaman yang berpotensi dihadapi. Yang terbaik adalah tetap memilihkan situs yang cocok untuk mereka kunjungi dan tidak membiarkan sang anak untuk keluar dari situs tersebut ketika masih menggunakan internet. 

“ Untuk usia adik-adik ditingkat sekolah dasar, pemanfaatan internet harus yang mendukung proses belajar dan menumbuhkan kreatifitas. Konten informasi yang dipilih juga harus sesuai dengan usia, khususnya konten video yang ada di youtube. Untuk filtering dapat menggunakan aplikasi youtube kids” papar Ekape.
(MC TMG/Penulis/Foto:Tofa Editor:Ekape)

Komentar: 0 Cetak: Kategori: MCAP
Bagikan:

DINKOMINFO TEMANGGUNG KENALKAN INTERNET PADA SISWA-SISWI MI NURUL HUDA MENAYU

Temanggung, Media Center - Pelayanan dan pengenalan internet sehat dan aman dila

Istirahat di Rest Area Sambil Berinternet Gratis

Temanggung, MediaCenter – Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Ka

Kominfo Temanggung Sosialisasikan Internet Cerdas Kepada Pelajar

Temanggung, Media Center – Kamis (18/1) Dinas Komunikasi dan Informat


Tinggalkan Komentar


instagram

facebook

Menuju Masyarakat Informasi
Kominfo Kabupaten Temanggung
Jl. Jend. Sudirman No. 41-42 Temanggung Kodepos 56216 Telp. (0293) 4961389 email : kominfo@temanggungkab.go.id
Copyright © 2019