Rapat Koordinasi Tim Pengumpulan Data Penyusunan Buku Gambaran PDRB Kabupaten Temanggung Tahun 2017

Ditulis pada Kamis, 16 Mar 2017 oleh: Tim Kominfo

Temanggung (15/03)

Bidang Statistik dan Persandian Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Temanggung mengadakan Rapat Koordinasi Tim Pengumpulan Data Penyusunan Buku Gambaran PDRB Kabupaten Temanggung tahun 2017 bertempat di Ruang Loka Bhakti Praja Kompleks Setda Kabupaten Temanggung.

Kegiatan ini dibuka dan dipimpin oleh Kepala Bidang Statistik dan Persandian Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Temanggung, tujuan dari rapat koordinasi bagi seluruh anggota tim pengumpul data Buku Gambaran PDRB Kabupaten Temanggung ini adalah memberikan sosialisasi kembali tentang kegiatan penyusunan Buku Gambaran PDRB Kabupaten Temanggung mengingat adanya perubahan OPD dan mutasi ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Temanggung.

Kasi Neraca Wilayah BPS Kabupaten Temanggung selaku nara sumber dalam kegiatan ini memberikan sedikit gambaran terkait PDRB (Produk Domestik Regional Bruto), antara lain :

1.   Salah  satu  tolok  ukur  untuk  mengetahui  tingkat  keberhasilan pembangunan  ekonomi  yang  sudah  dilaksanakan  adalah  tersedianya data  statistik  Produk   Domestik   Regional  Bruto  (PDRB). 

2.   Dengan data PDRB dapat  diketahui  tingkat  pertumbuhan ekonomi,  struktur  perekonomian  daerah  dan  tingkat  kemakmuran penduduk. 

3.   Data  PDRB  juga  dipergunakan sebagai  bahan  evaluasi,  analisa dan  bahan perencanaan  yang bermanfaat untuk menentukan  sasaran  pembangunan di  masa  mendatang 

4.   PDRB  dapat  diartikan  sebagai seluruh  nilai  produksi  bruto/kotor  atas  barang  dan  jasa  yang  dihasilkan oleh  semua  faktor  produksi  yang  ada  di  suatu  wilayah  tertentu  dan dihitung pada suatu periode tertentu (biasanya satu tahun)

5.   Data keuangan yang berkaitan dengan PDRB dari OPD/Instansi/Lembaga dijamin kerahasiaannya dan tidak akan dipublikasikan karena publikasi dalam bentuk data olahan berupa data PDRB (bukan data mentah dari isian blangko yang dikumpulkan), bisa dilihat dalam buku PDRB yang sudah publish.

6.   Penjelasan tentang pengertian, metode, manfaat dan cara perhitungan PDRB

Dalam rapat ini disepakati beberapa hal yang berkaitan dengan teknis pelaksanaan antara lain terkait pengisian tabel serta kesepakatan penyerahan data oleh masing-masing anggota tim pengumpul. Sehingga diharapkan dalam pelaksanaannya nanti tidak akan berjalan dengan lancar. (Statistik)

Komentar: 0 Cetak: Kategori: STATISTIK
Bagikan:

Tingkatkan Kesadaran Keamanan Informasi, Dinkominfo Temanggung Gelar Sosialisasi

Temanggung, Media Center - Menggandeng Inixindo Jogjakarta, Dinas Komunikas

Dinkominfo Temanggung Ajak OPD Bersinergi Data Lewat “GANDEM”

Temanggung, mediacenter - Bertempat di Loka Bhakti Praja, Setda Kabupaten Temang

Tingkatkan Kesadaran Keamanan Informasi, Dinkominfo Lakukan Sosialisasi Kepada OPD

Temanggung, Media Center – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tema


Tinggalkan Komentar


instagram

Menuju Masyarakat Informasi
Kominfo Kabupaten Temanggung
Jl. Jend. Sudirman No. 41-42 Temanggung Kodepos 56216 Telp. (0293) 4961389 email : kominfo@temanggungkab.go.id
Copyright © 2018