Tingkatkan Kesadaran Keamanan Informasi, Dinkominfo Lakukan Sosialisasi Kepada OPD

Ditulis pada Kamis, 01 Feb 2018 oleh:

Temanggung, Media Center – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Temanggung melakukan sosialisasi terkait dengan kesadaran keamanan informasi kepada 10 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Temanggung.

Sosialisasi ini merupakan salah satu tupoksi yang ada di Bidang Statistik dan Persandian. Adapun 10 OPD yang menjadi target utama adalah Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Kesehatan, Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Dinas Perikanan dan  Peternakan, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Mokhamad Nuur Ansori selaku Staff Persandian dan Pengamanan Informasi mengatakan bahwa 10 OPD tersebut merupakan target utama yang mempunyai aplikasi – aplikasi yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat. Ia juga mengatakan sosialisasi ini penting dilakukan untuk mereview lagi aplikasi yang terpakai, baik itu dari sisi device, SOP maupun SDM.

“Tujuan sosialisasi tersebut untuk menggugah kesadaran akan pentingnya keamanan sistem informasi di masing – masing OPD, khususnya aplikasi online. Apalagi sekarang dituntut dari BPPKAD untuk tahun 2018 sudah menggunakan pembayaran secara non tunai,” jelas Ansori saat ditemui di kantornya Kamis (1/2).

Selanjutnya sosialisasi tersebut dilakukan dengan cara memberikan materi langsung dengan mendatangi OPD sasaran serta memberikan praktek kepada operator yang telah ditunjuk pada masing – masing OPD tersebut.

Direncanakan dalam tahap selanjutnya, Dinkominfo Temanggung akan bekerjasama dengan dengan Badan Kepegawaian dan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) untuk melakukan sosialisasi tersebut karena dianggap terdapat fasilitas yang mendukung. Selain itu juga Dinkominfo akan bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk mensosialisasikan hal tersebut.

Nuur Ansori juga menambahkan BSSN juga akan memfasilitasi pemerintah untuk melakukan assesment 5 aplikasi yang ada dari sisi keamanannya.

Karena sosialisasi yang sudah berjalan mendapatkan respon yang positif dari 10 OPD tersebut, diharapkan kedepannya sosialisasi ini dapat menyeluruh hingga ke tingkat kecamatan. (MC TMG / Penulis : Ria / Foto : Dokumentasi Bid Statistik / Editor : Ekape).

Komentar: 0 Cetak: Kategori: STATISTIK , KOMINFO, MEDIA CENTER
Bagikan:

Peserta Puas Ikuti Workshop Jurnalistik

Temanggung, MediaCenter – Penyelenggaraan workshop penulisa

Komisi Informasi Jateng Dampingi Pelaksanaan Uji Konsekuensi PPID Kabupaten Temanggung

Temanggung, MediaCenter – Rabu (8/8), PPID Utama Badan Publik Pemerin

Sosialisasikan Lomba e-Mading Sekolah, Dinkominfo Temanggung Gandeng Lembaga Penyiaran dan RTIK

Temanggung, MediaCenter – Dinas Komunikasi dan Informastika (Dinkomin


Tinggalkan Komentar


instagram

Menuju Masyarakat Informasi
Kominfo Kabupaten Temanggung
Jl. Jend. Sudirman No. 41-42 Temanggung Kodepos 56216 Telp. (0293) 4961389 email : kominfo@temanggungkab.go.id
Copyright © 2018