Dinkominfo Temanggung Adakan Bimtek Penguatan Karakter Dan SDM

Ditulis pada Kamis, 23 Nov 2017 oleh: tim kominfo

emanggung, MediaCenter - Dinas Komunikasi dan Informasi (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung mengadakan Bimtek (Bimbingan Teknis) dengan materi  “Penguatan Karakter dan Pemahaman Sumber Daya Manusia (SDM)” selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Gedung Aula Loka Bakti Komplek Sekertariat Daerah Kabupaten Temanggung.

Dengan narasumber dari Komisioner Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Handoko Agung S, S.Sos dan peneliti dari Balai Penelitian Pelatihan Komunikasi dan Informatika (BP2KI), Darmanto S. Pd, M.Pa.

Rabu (22/11), Kepala Dinas Kominfo Ir. Sigit Suliantono dalam sambutannya sekaligus membuka acara Bimtek mengemukakan bahwa, memperoleh informasi adalah hak setiap manusia oleh sebab itu selaku pelaku pelayanan informasi publik kita wajib meningkatkan kualitas informasi yang diberikan oleh masyarakat.

Selaku Komisioner PPID Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Handoko Agung S menegaskan dalam memberikan materinya bahwa, disebuah badan publik terdapat PPID pembantu dan utama, serta ada Standar Operasional Prosedur (SOP) PPID Wajib memberikan informasi, jika ada informasi dari PPID pembantu untuk diberikan ke PPID utama.

Handoko juga menegaskan bahwa, ada tiga fungsi utama PPID yaitu proses penyimpanan, ‎pendokumentasian, dan pelayanan informasi publik.

“Kelemahan kita yaitu aspek kelembagaan antara PPID utama, biro hukum, kearsipan (tidak memiliki sumber daya manusia yang memadai). Setidaknya dapat bekerjasama dengan pihak-pihak tersebut agar informasi yang dibutuhkan akan terlaksana dengan sebaik-baiknya”, tandasnya.

Ini adalah jiwa utama bagi sebuah Badan Dinas untuk memiliki daftar informasi publik dan uji konsekwensi. Seluruh dokumen yang dimiliki diluar informasi yang dikecualikan.

Peneliti dari BP2KI, Darmanto S. Pd, M.Pa mengemukakan dalam materinya, dalam surat permohonan narasumber yang disampaikan oleh penyelenggara, di sana  tertulis tema kegiatan ini adalah “Penguatan Karakter dan Pemahaman SDM Pelaku PPID di Kabupaten Temanggung.” Namun, beliau memilih judul “Peningkatan Kom­petensi PPID dan Pengelola Layanan Informasi dan Dokumentasi (PLID)” karena istilah kompetensi lebih mudah diukur  keterca­paian­nya dan peluang mewujudkannya lebih besar dibandingkan konsep karakter. (MC TMG/Penulis, Foto: Agung)

Komentar: 0 Cetak: Kategori: PPID, KOMUNIKASI, TEMANGGUNG
Bagikan:

Dinkominfo Temanggung Terima Kunjungan Kerja Dinkominfo Sukoharjo

Temanggung, MediaCenter – Dalam rangka peningkatan kinerja Pejabat Pe

Membangun Temanggung Dengan Data

Temanggung, MediaCenter – Kemarin Selasa (28/11), Badan Pusat Statist

Lomba Videografi Animasi, Ajang Mencari Inovator Baru

Temanggung, Media Center – Demi meningkatkan kreativitas melalui Tekn


Tinggalkan Komentar


Menuju Masyarakat Informasi
Kominfo Kabupaten Temanggung
Jl. Jend. Sudirman No. 41-42 Temanggung Kodepos 56216 Telp. (0293) 492089 email : kominfo@temanggungkab.go.id
Copyright © 2017